Menteri Desa PDTT: Transmigrasi Tingkatkan Pemerataan Pembangunan dan Kuatkan Bhineka Tunggal Ika

    Menteri Desa PDTT: Transmigrasi Tingkatkan Pemerataan Pembangunan dan Kuatkan Bhineka Tunggal Ika

    Pesisir Selatan-Program transmigrasi yang telah diformalkan sejak kepemimpinan Presiden RI pertama Soekarno terbukti mempercepat pemerataan pembangunan di seluruh daerah di Indonesia dan memperkuat nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika.

    "Hari ini kita menyaksikan, kalau waktu itu Bung Karno tidak menformalkan transmigrasi, kita belum tentu akan melihat keberhasilan pemerataan pembangunan seluruh tanah air seperti sekarang. Karena itu layak kita menyukuri adanya program ini, " kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi RI Transmigrasi, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd di Pesisir Selatan, Sumbar, Minggu (12/12/2021).

    HUMAS.CO.ID
    market.biz.id HUMAS.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Ia mengatakan itu saat menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Bhakti Transmigrasi ke-71 di Kantor Bupati Pesisir Selatan.

    Menurutnya peringatan Hari Bhakti Transmigrasi itu dilakukan secara saremonial setiap tahun, meskipun seharusnya dilakukan setiap hari sebagai wajud syukur kepada keluarga telah mendharmabaktikan dirinya untuk kepentingan pemerataan pembangunan, penguatan ekonomi, kesejahteraan Bangsa Indonesia melalui program transmigrasi.

    "Wujud rasa syukur kepada manusia pada hakikatnya adalah bersyukur kepada tuhan. Karena itu peringatan Hari Bhakti Transmigrasi dilakukan dengan beragam kegiatan dan puncaknya upacara di Pesisir Selatan, " katanya.

    Ia mengatakan program transmigrasi tidak boleh berhenti karena efeknya bagus bagi pemerataan pembangunan, penguatan Bhineka Tunggal Ika. Terbukti masyarakat dari berbagai daerah, suku dan agama bisa bersatu dalam kesatuan kawasan.

    ZONATANI.ID
    market.biz.id ZONATANI.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Tentu program itu harus diikuti berbagai upaya perubahan yang bersifat paradigmatik, kebijakan dan teknis seiring tuntutan zaman.

    Pengelolaan penataan dan perencanaan transmigrasi saat ini tidak bisa disamakan dengan masa lalu. Harus menyesuikan kondisi zaman, mulai perencanaan tata lokasi, akses yang dipersiapkan dan menajemen pengelolaan lahan.

    WARTAMILITER.COM
    market.biz.id WARTAMILITER.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    "Kita berharap transmigrasi semakin bagus dan memberikan harapan baru. Tanggung jawab untuk peningkatan kawasan yang sudah ada membutuhkan dukungan semua pihak keluarga transmigrasi, pemerintah daerah, provinsi hingga pusat, " katanya.

    Sementara itu Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan Pemprov Sumbar mendukung program transmigrasi yang bertujuan untuk pemerataan pembangunan hingga pelosok negeri.

    Hingga saat ini sudah banyak daerah di Sumbar yang menjadi lokasi transmigrasi, yang bisa bersatu dengan masyarakat setempat sehingga mendorong percepatan pembangunan dan perekonomian daerah.

    Usai upacara Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi RI Transmigrasi Halim Iskandar menyerahkan Bantuan Sosial Budaya Sarana Rumah Ibadah Paket untuk MDA Islamic Centre KTM Lunang Silaut Kab. Pesisir Selatan dari Ditjen PPKTrans, Menyerahkan SHM di UPT. Padang Tarok, Kab. Sijunjung, dan Penyerahan Bantuan serta Peninjauan Stand Pameran.

    Dan secara bersamaan ia juga menandatangani prasasti Pembangunan Kantor Wali Nagari, di Nagari Pulau Karam Ampang Pulai, dan pembangunan panggung kesenian pantai muaro bantiang nagari pulau karam ampang pulai serta pelantikan pengurus Persatuan Anak Transmigrasi (PATRI) Sumbar. 

    Ikut dalam kegiatan itu Bupati Pesisir Selatan dan jajaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi RI serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Terkait.

    Pesisir Selatan Sumbar
    Zulfahmi

    Zulfahmi

    Artikel Sebelumnya

    MENDES  PDTT Godok Formulasi Dana Desa Untuk...

    Artikel Berikutnya

    Cegah Korupsi di Lingkungan Pemko dan BP...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 418

    Postingan Tahun ini: 1833

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 404

    Postingan Tahun ini: 2378

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 158

    Postingan Tahun ini: 673

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 127

    Postingan Tahun ini: 540

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Narsono Son verified

    Warga Kota Tegal Dapat BLT Minyak Goreng dan Dapat Vaksin Gratis
    Cegah Konflik Sosial, Kodim Tegal Gelar Giat Binkom
    Babinsa Koramil Balapulang, Kodim Tegal Cek Harga Minyak Goreng di Wilayah
    Danramil Pangkah Bekali Materi Bela Negara Kepada Siswa-Siswi SMA dan SMK Se Kabupaten Tegal

    Rekomendasi

    Imigrasi Kelas 1 Batam  Klarifikasi Tentang Pemberitaan WNA China Inisial YXB
    Latma Cope West 2022 TNI AU-US PACAF di Lanud Abd Saleh Resmi Ditutup
    Andi Iwan Darmawan Aras: Perlu Optimalisasi DAS Pangkajene di Tahun 2023
    Anwar Hafid Berharap Pemerintah Jalankan Putusan MK Terkait Pengisian Pejabat Sementara Kepala Daerah
    Mengukir Prestasi Lagi, Rudi Dinobatkan The Best Pemimpin Inspiratif Perubahan 2022

    Ikuti Kami