Gairahkan Pariwisata  Kepri, Buralimar Rancang Wisata Linkage antar Kabupaten Kota 

    Gairahkan Pariwisata  Kepri, Buralimar Rancang Wisata Linkage antar Kabupaten Kota 

    Masih dalam usaha menggairahkan kembali pariwisata Kepri, Pemerintah Provinsi Kepri merancang Tourism Linkage Networking (jaringan keterkaitan pariwisata) antar kabupaten/kota se-Kepulauan Riau. Para turis akan diajak mengunjungi satu atau dua daerah sekaligus dalam satu paket perjalanan wisata. ASITA Kepri sangat antusias menyambut ide tersebut. 

    "Keterkaitan pariwisata antar daerah ini menjadi upaya Pemprov Kepri yang sejalan dengan visi misi Gubernur, pak Ansar Ahmad, yakni mengembangkan dan melestarikan budaya Melayu dan Nasional dan mempercepat konektifitas antar pulau. Kita berharap program ini bisa dijual menjadi paket perjalanan yang menarik bagi teman-teman di asosiasi perjalanan wisata, " ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar, Minggu (5/12) di Batam. 

    Selama ini, lanjut Buralimar, paket perjalanan wisata baru menjangkau Batam-Bintan - Tanjungpinang. Ke depan, akan dikembangkan sampai ke Kabupaten Lingga, Kabupaten Karimun, Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna. 

    Kesemua daerah tersebut mempunyai pesona dan kekuatan kearifan lokal tersendiri yang sangat menarik bila dijual dalam paket perjalanan wisata.

    JUSTISIA.CO.ID
    market.biz.id JUSTISIA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Buralimar mencontohkan untuk Kabupaten Lingga misalnya mempunyai kekuatan wisata budaya dan alam. Kabupaten ini memperkenalkan daerah mereka sebagai  "Negeri Para Sultan, Bunda Tanah Melayu". Daerah yang sarat sejarah budaya leluhur ini diyakini  sangat diminati para wisman dan wisdom. Jarak tempuh Batam - Lingga bisa ditempuh dalam 3, 5 - 4 jam perjalanan.

    Begitu juga destinasi wisata di Karimun, dengan wisata alam dan kulinernya. Belum lagi kekuatan pesona alam Natuna dan Anambas..

    Honda Civic FD 2009 Ganteng Poll
    market.biz.id Honda Civic FD 2009 Ganteng Poll
    Rp 125.000.000
    Beli sekarang!

    "Saya optimis sekali, bila asosiasi perjalanan wisata bisa menjual paket wisata antar kabupaten/kota ini, bisa menggairahkan kembali sektor pariwisata Kepri. Target kita para turis tidak hanya datang berwisata tetapi juga lama menetap di Kepri, " jelas Buralimar.

    Untuk memperlancar rencana ini, Buralimar menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri telah melakukan MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman dengan Bupati/Walikota se-Kepri. Para kepala daerah diharapkan menyiapkan destinasi wisatanya, kemudahan akses dan berbagai penunjang. Sehingga paket wisata perjalanan antar pulau ini bisa dijual ke wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri nantinya. 

    Upaya dalam memulihkan kembali kunjungan wisata ke Kepri,  tambah Buralimar, tidak lupa dengan menerapkan  wisata berbasis CHSE yakni Cleanliness (kebersihan), Healt (Kesehatan), Safety (Keamanan), Environment (ramah lingkungan). Penerapan CHSE juga akan menjadi kunci keberhasilan paket antar pulau tersebut. 

    "Kita kenalkan ke seluruh masyarakat Kepri, luar Kepri dan juga dunia, bahwa Kepri aman, Kepri Nyaman. Usaha kita ini sudah mendapat respon positif. Sudah banyak calon-calon wisdom yang akan berwisata ke Kepri, " tukas Buralimar.

    Pizza Hut Black Pizza
    market.biz.id Pizza Hut Black Pizza
    6% Rp 1.750
    Beli sekarang!

    Sementara itu, Ketua DPD ASITA (Association of Indonesian Travel Agency) Kepulauan Riau, Eva Betty S mengungkapkan kegembiraannya atas upaya pemerintah menggairahkan lagi sektor pariwisata dengan paket perjalanan antar pulau tersebut. Agen perjalanan wisata yang mempunyai 68 agensi yang aktif ini sangat siap menjual paket-paket wisata antar pulau tersebut karena mempunyai kekuatan masing-masing.

    "Kami gembira menyambut program perjalanan wisata antar Kabupaten/Kota se.Kepri ini. Karena kami mempunyai paket baru lain yang makin bervariasi. Hanya saja kami meminta pemerintah daerah tujuan juga menyiapkan sarana dan prasarana penunjang seperti transportasi dan sarana penunjang lain yang berkaitan dengan kenyamanan wisatawan, " ungkat Eva. 

    Tidak itu saja, Eva juga berharap Bupati/Walikota daerah tujuan, bisa mengundang pihak ASITA ke daerah mereka untuk memperlihatkan destinasi wisata di daerah masing-masing.

    " Dari sana kita bisa membuat paket-paket menarik untuk para wisatawan dalam negeri dan wisatawan luar negeri.  Kami ASITA sangat siap dengan berbagai paket wisata. Makin variatif makin banyak alternatif makin banyak pilihan makin banyak jualan, " tutur Eva. 

    Eva juga mengajak pemerintah daerah untuk bekerjasama dalam menyusun paket-paket wisata tersebut sehingga bisa menciptakan harga yang kompetitif.

    OTOSATU.COM
    market.biz.id OTOSATU.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Eva mencontohkan, misalkan dengan menjual paket wisata antar pulau di Kepri seharga Rp.3, 6 juta, maka dengan harga yang sama sudah bisa untuk perjalanan wisata ke Jogjakarta.  

    Kendati begitu, Eva meyakinkan teman-teman travel di bawah ASITA sangat tertarik menjual paket wisata Lingga, Karimun, Anambas dan Natuna. Karena selama ini paket perjalanan  mereka baru sebatas Batam-Bintan dan Tanjungpinang saja.

    Kepri
    Zulfahmi

    Zulfahmi

    Artikel Sebelumnya

    Gubernur : "Story telling" Bisa Perkuat...

    Artikel Berikutnya

    Sebanyak 56 Dewan Hakim se-Kepri Ikut Pelatihan

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 418

    Postingan Tahun ini: 1833

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 404

    Postingan Tahun ini: 2378

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 158

    Postingan Tahun ini: 673

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 127

    Postingan Tahun ini: 540

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Narsono Son verified

    Warga Kota Tegal Dapat BLT Minyak Goreng dan Dapat Vaksin Gratis
    Cegah Konflik Sosial, Kodim Tegal Gelar Giat Binkom
    Babinsa Koramil Balapulang, Kodim Tegal Cek Harga Minyak Goreng di Wilayah
    Danramil Pangkah Bekali Materi Bela Negara Kepada Siswa-Siswi SMA dan SMK Se Kabupaten Tegal

    Rekomendasi

    Latma Cope West 2022 TNI AU-US PACAF di Lanud Abd Saleh Resmi Ditutup
    Andi Iwan Darmawan Aras: Perlu Optimalisasi DAS Pangkajene di Tahun 2023
    Anwar Hafid Berharap Pemerintah Jalankan Putusan MK Terkait Pengisian Pejabat Sementara Kepala Daerah
    Mengukir Prestasi Lagi, Rudi Dinobatkan The Best Pemimpin Inspiratif Perubahan 2022
    Kenangan Terindah Peserta AKS TNI AD 2022

    Ikuti Kami