Peduli Sesama, Marlin Berikan Minyak Kayu Putih-Masker

Peduli Sesama, Marlin Berikan Minyak Kayu Putih-Masker
Calon wakil gub kepri marlin

Batam - Kedekatan Marlin Agustina dengan lansia tak diragukan lagi. Kepedulian Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau nomor urut 3 ini terhadap orang-orang tua juga selalu ia tunjukkan dalam berbagai kesempatan.

Seperti yang terekam bidikan kamera saat silaturahmi bersama warga Kaveling Sambau Kecamatan Nongsa, Rabu (14/10). Marlin tampak mengoleskan minyak kayu putih ke masker seorang nenek.

“Dipakainya seperti ini saja Nek, dioles di masker. Ini minyak kayu putih murni, dari penyulingan pertama. Tidak panas seperti yang banyak dijual di pasar, tapi melegakan pernafasan. Minyak ini dikirim langsung dari Ambon, tidak ada dijual di sini. Jadi ini saya berikan saja bagi yang mau,” tutur pasangan Ansar Ahmad di Pilkada Kepri 2020 itu.

Selain membagikan minyak kayu putih, Marlin juga menyiapkan masker kain. Masker kain ini dibagikan ke masyarakat yang hadir sebagai pengingat agar tetap disiplin protokol kesehatan selama pandemi covid-19.

“Masker yang kita pakai ini batas waktunya cuma 4 jam Bapak Ibu. Setelah itu harus ganti. Makanya saya berikan masker kain, karena bisa dicuci lalu dipakai kembali,” ujarnya.

Protokol kesehatan juga selalu ia terapkan dalam setiap pertemuan. Mulai dari penyediaan sarana cuci tangan di pintu masuk lokasi silaturahmi. Hingga pengaturan jarak tempat duduk. Semua ini, sambung Marlin, dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menekan angka penyebaran covid-19.

“Semoga bermanfaat ya Bapak Ibu. Karena apa yang kita lakukan itu harus bermanfaat bagi orang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Itu yang saya wujudkan dengan mencalonkan diri sebagai Wagub Kepri,” kata istri Muhammad Rudi tersebut.

Sebagai informasi, suami Marlin merupakan Wali Kota Batam periode 2016-2021. Statusnya kini non aktif karena sedang cuti masa kampanye. Di Pilkada Batam 2020 ini Rudi kembali menggandeng Amsakar Achmad untuk masa kepemimpinan periode kedua.

Selama 10 tahun mendampingi Muhammad Rudi sejak menjabat Wakil Wali Kota sampai menjadi Wali Kota Batam, Marlin pun melakukan banyak hal. Khususnya untuk pengembangan kapasitas diri ibu-ibu. Melalui pelatihan dan pendampingan, sudah banyak perempuan Batam yang kini mandiri secara ekonomi.

“Saya ingin apa yang saya lakukan selama ini juga bisa dirasakan manfaatnya lebih luas, yakni bagi masyarakat Kepri umumnya,” papar Marlin.

Kepada kaum Hawa, Marlin juga selalu mengingatkan tentang potensi-potensi diri. Berbagai hal bisa dilakukan perempuan asalkan mau untuk maju.

“Bapak Muhammad Rudi dulunya seorang polisi, jadi saya juga pernah menjadi ibu Bhayangkari. Saya diajarkan untuk disiplin, tegas, harus berani, dan tak boleh cengeng. Kita juga pernah menjalani jatuh bangun sebagai pengusaha. Sudah banyak hal yang saya alami, jadi saya banyak belajar dari pengalaman, bukan teori. Termasuk dalam hal pemerintahan,” ungkapnya.

Ia juga setia mendampingi Muhammad Rudi selama membangun Batam. Selama itu pula Marlin belajar banyak hal tentang program-program pembangunan. Itu semua diakuinya, menjadi modal untuk memimpin Kepri ke depan.

“Saya juga mendampingi Bapak Muhammad Rudi dalam membangun Batam. Saya sering diminta berikan masukan. Saya rasa saya adalah kaderisasi dari Pak Rudi. Apa yang Pak Rudi lakukan dalam membangun Batam, saya tahu, saya rasakan, saya pahami, dan itu juga yang akan saya bawa ke Kepri. Niat kita selurus-lurusnya adalah bagaimana saya dan Bapak Muhammad Rudi bisa bermanfaat seluas-luasnya,” sambung Marlin.(*)

Editor Zulfahmi